Rabu, 20 Agustus 2014

Fashion Designer


Aku mau berbusana casual ?! aku mau berpakaian casual?!
Aku mau berbusana muslimah?! Aku mau berpakaian muslimah ?!

Apakah pengertian dalam penyebutan busana dan pakaian itu sebenarnya sama?                
Dikalangan masyarakat mungkin kata busana dan pakain itu tidak ada bedanya. 
Tapi sebenarnya antara busana dengan pakaian itu ada bedanya juga loh...
Kata ”busana” diambil dari bahasa Sansekerta ”bhusana”. Namun dalam bahasa Indonesia terjadi

penggeseran arti ”busana” menjadi ”padanan pakaian”. Meskipun demikian pengertian busana dan pakaian merupakan dua hal yang berbeda. Busana merupakan segala sesuatu yang kita pakai mulai dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Busana ini mencakup busana pokok, busana pelengkap (milineris dan aksesories) dan tata riasnya. Sedangkan pakaian merupakan bagian dari busana yang tergolong pada busana pokok. Jadi pakaian merupakan busana pokok yang digunakan untuk menutupi bagian-bagian tubuh. Busana yang dipakai dapat mencerminkan kepribadian dan status sosial sipemakai. 

    Selain itu busana yang dipakai juga dapat menyampaikan pesan atau image kepada orang yang melihat. Untuk itu dalam berbusana banyak hal yang perlu diperhatikan dan pertimbangkan sehingga diperoleh busana yang serasi, indah dan menarik.
Ilmu tata busana adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana cara memilih, mengatur dan memperbaiki, dalam hal ini adalah busana sehingga diperoleh busana yang lebih serasi dan indah. Diharapkan pengetahuan ini dapat membantu kita  atau semua pihak yang terlibat pada bidang busana untuk lebih memahami ilmu busana secara umum.

Oke Reader, sekarang aku mau curhat dulu nih..attention yaw hihi


Nostalgia sejenak..hmmm
    Di sma dulu ada dua jurusan IPA dan IPS yang sangat menekankan nilai akedemik dari setiap pelajarannya. Sewaktu sma dulu aku kan jurusan IPA, so hari-hari aku full with angka, menghitung, cari cara buat nyelesain tugas matematika, fisika, kimia di tambah mid semester, TO tiap bulannya, apalagi pas kelas XII, ada UN pula. beeeehhh...minim banget buat santai nye coiy.
       Ehmmm..dibilang agak stress ya iya pasti ada but sometimes aku enjoy  karena ini membantu aku juga to get cita-cita ku dulu, sama seperti anak kebanyakan,” mau jadi Dokter” tapi setelah aku kelas XI semester genap mikir lagi, kayak nya ga cocok deh dokter itu buat aku, aku sadar kemampuanku untuk menjadi dokter ala kadarnya di tambah teman- teman sma ku juga banyak yang ingin menjadi dokter. Bukannya ga mau memperjuangkan cita-cita yang ku ingini dari kecil tapi aku open mind, masih banyak jurusan yang bisa membuat kita bermanfaat untuk orang lain selain dokter, beralihlah aku ingin menjadi Pengusaha yang banyak rezeki dan suka berbagi aamiin yaa allah semoga diijabah.

     Sebenernya kalo kita ngerjain tugas dengan betul-betul semua yang terlihat berat tanpa kita sadari kita bisa dan bahkan aku pun udah ngelewatin masa-masa sulit itu dan tinggal dapet manisnya ketika kita bisa di terima di Universitas pilihan kita melalui jalur undangan ataupun test tertulis dengan usaha dan doa kita selama ini. Prokk..prokk..prokk..

    Alhamdulillah berkat usaha dan doa orang tua ku juga, aku di terima di Universitas Negeri Jakarta di jurusan ikk prodi pendidikan tata busana. Awalnya percaya ga percaya, aku gituloh ngerti fashion dikit, gambar pas pasan, nah ini lah modal nekat dan modal restu kedua orang tua ku, aku akan berusaha untuk menjadi pengusaha di bidang busana dan menjadi pengusaha yang bermanfaat.

******************
     Nah , kalo udah kuliah beda lagi, apalagi anak busana, orang yang bukan anak busana pasti memandang kalo anak busana itu harus bisa jait, harus berpenampilan bagus, harus tau ini, harus tau itu lah tentang fashion dalam waktu instan, padahal kan kita masih anak baru dalam bidang fasion ini, kita anak busana masih harus banyak banyak belajar insyaallah biar kita bisa menjadi pengusaha, pendidik dan fashion designer profesional. Aamiin :D

       Asal reader semua tau yaa..banyak tau anak busana yang mau masuk busana ini karena modal nekat juga kayak aku hihi... Nekat bukan berarti negatif tapi kita berani beda dari pilihan jurusan orang kebanyakan, apalagi aku yang berasal dari Lahat tercinta, you know lahat?? Nooooo... oke, lahat adalah salah satu kota kecil yang terdapat di sumatera selatan, orang disini menganggap jurusan busana itu di pandang sebelah mata, yaa....universitas di daerah ku aja ga nyediain jurusan busana ini, I dont know why?? Mungkin peminat nya masih dikit kali... (peluang)

       Oke kembali ke Nekat hehehe... nekat yang positif itu menurut ku adalah nekat yang berani beda dari pilihan orang lain, disini  kita ngeliat minat orang yang masih jarang memilih jurusan salah satunya di bidang fashion, terus nekat dengan melihat prospek kerja ke depan, aku pikir bidang wirausaha yang salah satunya di bidang busana ini mempunyai kesempatan bagus untuk memperoleh kesejahteraan yang lebih baik di masa yang akan datang. Sebelumnya aku mengira aku ini salah jurusan, yap salah jurusan, karena menurutku dan menurut orang kebanyakan kalo dia dari sma udah masuk IPA yaa pilihan jurusan yang baik itu menjadi dokter, jurusan kesehatan, insinyur, teknik, kalo IPS yaa akuntansi, hukum, menejemen, ekonomi dll.
      Tapi ibuku bilang, beliau menguatkan ku yang lagi galau kenapa aku memilih busana ini. Beliau bilang,”ambil positifnya, jurusan ini masih jarang peminatnya, jadi prospek kamu kerja kedepan masih banyak peluang, lagi pula ibu kasian ngeliat kamu mumet belajar angka-angka terus menerus, ngitung, buku rumus bertumuk-tumpuk yang semuanya ini mesti kamu baca dan pelajari untuk membantu mu menemukan jawaban dari soal yang di berikan, makanya dengan busana hidup kamu nanti bakal penuh warna, belajar menggambar, mewarnai untuk menuangkan ide dan imajinasi mu dan ibu doakan semoga windi kelak menjadi pengusaha butik, designer muslimah dan bermanfaat”. Now Im stong, i love fashion, thanks a lot ibu ku, love youuuu <3

      Its time to explain about profil universitas ku sekarang, Universitas Negeri Jakarta, khususnya di jurusan IKK ( Ilmu Kesejahteraan Keluarga) di program studi Pendidikan tata busana

Oke lets check it dot..
Universitas Negeri Jakarta merupakan salah satu perguruan tinggi yang memiliki program studi
Pendidikan Tata Busana yang terdapat di kota Jakarta.
Program studi PendidikanTata Busana adalah program studi yang berada di bawah naungan jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga pada fakultas teknik. Jurusan ini memiliki tujuan  untuk menjadi lembaga penghasil Sumber Daya Manusia yang profesional dibidang kependidikan dan non kependidikan yang memiliki wawasan budaya wirausaha dan global yang menguasai Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni dalam bidang Ilmu Kesejahteraan Keluarga, mencakup bidang Tata Boga, Tata Busana dan Tata Rias.
Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana memiliki 2 konsentrasi/peminatan, yaitu :
1. Desain Mode
2. Produksi Busana
Lulusan dari Pendidikan Tata Busana (S1) adalah lulusan yang mempunyai kompetensi dalam bidang pendidikan, profesional pada bidang Busana, kualitas kepribadian yang matang dan dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan zaman, seiring dengan tuntutan kemajuan ilmu dan teknologi serta seni budaya yang berwawasan masa depan Dengan Gelar Lulusan Sarjana Pendidikan (S.Pd)
Program Studi Tata Busana di Universitas Negeri Jakarta tercatat memiliki Akreditasi A. Tingkat penerimaan lulusan Tata Busana (S1) oleh pasar kerja sangat tinggi karena telah mampu bersaing dengan sekolah mode yang lebih dahulu ada sehingga peluang atau prospek untuk mendapatkan kerjapun tinggi.

Tujuan Program Studi Tata Busana antara lain :
  1. Menghasilkan tenaga profesional kependidikan dalam bidang Busana secara formal dan non formal
  2. Menghasilkan tenaga profesional dalam bidang industri Busana
  3. Menghasilkan tenaga profesional di bidang produksi garmen, pengendalian mutu busana/tekstil dan pemasaran pada jasa busana
  4. Menghasilkan tenaga profesional di bidang wirausaha busana
Dilihat dari ilmu yang dimiliki, para lulusan atau alumni program studi Pendidikan Tata Busana merupakan tenaga kerja yang memiliki kompetensi sebagai tenaga  dibidang busana mempunyai kompetensi/menguasai:
  1. Ilmu di bidang busana
  2. Mengelola kelas, laboratorium dan workshop.
  3. Menggunakan media/sumber.
  4. Landasan pendidikan.
  5. Interaksi belajar mengajar.
  6. Menilai hasil belajar siswa.
  7. Mengenal penyelenggaraan administrasi sekolah.
  8. Mengenal fungsi dan program bimbingan dan penyuluhan.
  9. Mendalami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil-hasil penelitian.
  10. Berwirausaha di bidang busana.
Usaha yang dilakukan dalam peningkatan profesionalisme lulusan dengan menanamkan budaya kerja produktif melalui kuliah praktek. Sementara itu, pengembangan jiwa wirausaha diharapkan terbentuk melalui kuliah Dasar Manajemen, Kewirausahaan dan Pengelolaan Usaha Busana.
(http://www.unj.ac.id/ft/jurusan/ikk/content/s1-pendidikan-tata-busana)

       Tentunya Selaku mahasiswa yang sebentar lagi menginjak ke semester 3, ceileee bahasa ne hehehe ... udah ngelewatin dua semester kan?? yaa kan ?? yaa dongs ?? benerkan ?? bener dongs ?? Di jurusan busana ini its very different sama sma dulu, mata pelajaran di sebut dengan mata kuliah, guru menjadi dosen dan banyak hal lainnya. awalnya masih canggung tapi lama kelamaan juga kebiasa
jrengg...jrengg...jrengg... saat nya aku ngebahas apa aja sihh yang udah di pelajari selama dua semester di busana ini ... 

   Oke readers, mau nerangin yang mku dulu nih alias mata kuliah umum yang pasti setiap jurusan bakal dapetin ini matkul, ialah Pendidikan Pancasila dan Psikologi Perkembangan. Matkul ini njelasin nya hampir sama kayak SMA dulu ada penjelasan dari dosen, mahasiswa bertanya, diskusi, tugas, presentasi, uts dan uas. finishhhhhhhh....fiuhh. its not easy as sma!! Sebenarnya sistem pembelajaran  Ilmu kesejahteraan Keluarga (IKK) sama kayak mku hanya saja yang dapet mata kuliah IKK ini hanya untuk anak prodi IKK aja, tata boga, tata busana, tata rias dan PKK.

     Next, kerajinan ini kita ngerecycle barang yang dianggap tidak bisa dimanfaatkan lagi setelah fungsi utama nya di gunakan menjadi barang layak pakai sesuai dengan kreasi dan ide yang di buat. Contoh yang kami anak busana buat materi pertama ialah bubur koran yang di sulap menjadi kotak pensil, tempat tisu, atau tempat serba guna. Materi kedua ialah bahan organik dari tumbuhan yang telah di keringkan. Materi ketiga ialah bahan anorganik yaitu bekas  kemasan plastik es, kopi ataupun detergen yang di buat menjadi dompet, tas, kotak  pensil dan keranjang. Materi keempat ialah makrame, you makrame??? Makrame sama kayak tali kur hanya beda penyebutannya aja, yang kemudian di buat menjadi tas, tali pinggang, bando maupun tempat minum. Nah, selanjutnya materi kelima dan ke enam ini kita menggunakan bahan yang sama, yaitu kain perca, hanya saja materi kelima kita di suruh membuat aksesories seperti bando, karet, kepet, pita, tali pinggang ataupun kalung. Sedangkan materi terakhir kita membuat tatakan piring ataupun tatakan gelas sesuai bentuk yang diinginkan. 

lagi buat kalung dari bubur koran 

     Sebenernya membuat kerajinan ini mengasyikkan karena kita mebisa membuat barang yang hanya di pandang sebelah mata karena fungsinya sudah gak ada lagi di sulap menjadi barang yang layak pkai bahkan bisa di jual juga lo. Tapi itulah aku, kayaknya di kerajinan ini bukan passion ku deh, abisan ngerjainnya pas ada tugas aja, selepasnya???  Bye!! Alat dan bahannya masih terisisa cukup banyak.

     Dasar busana. Kita belajar tentang sejarah pakaian berdasarkan situasi yang sedang terjadi. Bagaimana pakaian saat pergi ke pesta, kerja, kuliah, ataupun hanya sekedar dirumah. Selain itu kita juga belajar dasar tata rias loh readers, suerrr deh Y !! aku awwam banget about make up, apa itu, milk cleanser, toner,  maskara, blush on, eye shadow, eye liner, ga tau gimana bentuk dan fungsinya, taunya Cuma lipstick ama benadak doang, but now alhamdulillah udah tau namanya dan cara penggunaannya. Bahkan aku dan temen-temen ku juga kalo ada festival busana atau ada acara tertentu kita juga suka pake make up loh, hihihi ^_^ ohya selain itu kita juga belajar table manner juga loh, kedengerannya simple tapi buat ngejalinnya, jujur ya, males banget, makan aja kok repot. Hehe

omyGod! ini make up pertama gue 

     Konstruksi Pola Busana Wanita ( KPBW ) ialah mata kuliah peniting sebagai dasar kita memperlajari teknik menjahit di semester berikutnya. Kita belajar mengukur, membuat pola baju, pola lengan, pola kerah dan pola rok serta kupnat. Beda nama lengan beda juga loh bentuk pola yang di buat. Ehmm...readers tau kan aku awam banget masalah kpbw ini?? -_- jadi pas dosen nerangin kita gw n cs gw manggut2 aja, abisan yang namanya kupnat lah terus, beda nama bentuk beda juga pola nya. nanya pun setelah di jelasin balik ama dosen sama aja. ribetkan?? u,u Sebenernya enggak?! Cuma masih belum bisa beradaptasi aja sama mata kuliah yang baru ku temui di semester satu ini.





   








                                                                                                                                      ini dia pola yang kita buat pertama kali pola baju dan pola lengan di kertas hvs pake kertas pink hehe 

    Tekstil. Yaps. Kita belajar mengenai seluk beluk kain sintesis dan non sistesis, mulai dari sistem pembakarannya sampai proses pembuatannya. Ohya kita juga study tour ke bandung (kegiatan rutin yang pasti dilakukan untuk mahasiswa yang dapet matkul Tekstil) pertama kita mengunjungi tempat penyablonan yaitu C59, disana kita belajar cara menyablon kain dengan baik dan sebagai souvenir kita dapet kaos oblong yang telah telah di sablon dengan nama 59, Universitas Negeri Jakarta. Oke, tempat selanjutnya adalah batik komar, yap, sama seperti C59 di batik komar kita juga di ajarkan  bagaimana cara membatik dengan baik, membatik menggunakan dua media, yaitu media menggunakan canting dan  menggunakan alat cetak. Nah, saat itu kita kebagian membatik menggunakan alat cetak yang telah di sediakan dengan selembar katun untuk mencetak mengguanakan alat cetak berbagai bentuk dan ukuran yang menarik, yang pastinya kita bisa memilih bentuk sesuai dengan keinginan kita dan boleh di bawa pulang. Horeeeeee!!!!!

tempat pemotongan kain di C59

narsiis duyuu eak guys
    Tempat terakhir, adalah budidaya ulat sutera padepokan dayang sumb, duuh..tau gak kita disana itu ketemu ulat-ulat sutera yang lucu penghasil sutera dan kelak di gunakan sebagai pakaian, jilbab, aksesories berbahan sutera yang lembut, ringan dan enak untuk di pakai. Kita juga dapet souvenir kepompong dari ulat sutera, ohya daun murbei juga ( makanan ulat sutera) sehingga dalam bahasa latin ulat sutera di beri nama bombyx marrie. Gak ketinggalan kita juga dapet coklat, dapet buku panduan mengenai perkembangbiakan ulat sutera dan sempet shoping jilbab sutera juga lohhhh....

     Finally, Dasar Seni dan Desain (DSD) wuihh..ini matkul paling banyak tugasnya, paling banyak salahnya terus ngulangnya, paling banyak ngeluarin duitnya, tapi paling aku suka hasil jadinya <3 <3 <3. Iya, di dsd ini kita belar mengenai unsur seni dan desain yang di sertakan contohnya. Tugasnya di print ada tapi semua full colour, hand made juga aja, yang di print ini loh kalo salah ga sesuai kriteria dosen, srleertkt ( bunyi kertas yang dipisahkan) yaahh.. gitu kita print ulang dengan cari gambar yang sesuai dan ga boleh sama, sama mereka yang udah ngumpulin duluan. Readers pada taukan berapa biaya ngeprin full colour itu, its so much plus minus 50 lmbar itu hasil yang bener, terus yang pada salah sebelom-sebelomnya ??? Bisa bayangin kan?? Terus ada juga hand made, kita gambar terus kita juga buat gambar 3 Dimensi sendiri berdasarkan unsur2 yang di minta. Sorry ya readers ku yang unyu-unyu’ aku ga bisa di jelasin satu per satu apa aja sih unsur2 nya itu abisan kalo di jelasin 3x lebaran juga ga bakalan selesai... #lebuaaiiyyy tingkat provinsi
Belum berenti sampe di situ, masih ada lagi, ini tugas yang bikin semua anak busana itu pada sering ngucap dan ngelus dada. Ehmm.... sebenernya bukan ngucap sih tapi ngumpat hihi peace Y. Gini nih ceritanya, ini masuk ke sub bab warna. Oke mungkin lo kira its very simple. Just colour?? Whats problem?? Aku juga pikir gitu awalnya tapi pas udah praktek nya beuuh....
lingkaran warna
     Sebelumnya kita di suruh bagi kelompok menjadi 3 orang dengan masing2 kelompok mendapatkan cat akrilik 5 botol ( seukuran botol balsem 5-7 cm lah) warna merah, kuning, biru, hijau dan putih. Cat ini bakalan di buat untuk banyak keperluan warna berdasarkan teori ahli dan lingkaran warna. kita udah pake sehemat mungkin tapi apa daya cat yang di berikan itu kurang, bahkan sampe beli 2x, satu bareng kelompok satunya lagi buat aku sendiri. You know guys harga per pieces nya??? Rp.17.500,00 itu versi kecil udah tuh di kali 5 warna dibagi 3 orang ditambah 5 warna yang aku beli sendiri. Beli kuas juga harga kuas pun ternyata ga murah loh guys merk lira, ukuran diameter 0,1 cm aja Rp.7.500,00  dan ukuran gede lupa berapa ukuran diameternya Rp. 16.000,00. Plus palet goceng. Jujur yaa kita menunda-nunda tugas ini, jadi pas deadline baru deh buru-buru ngerjainnya.
But I love the result, love so much. Emang bener yaa semakin banyak usaha yang kita lakuin, waktu seneng yang kita korbanin semakin baik pula hasil yang di dapat.
 


   Next level. Semester 2, duuaaaaaaaa...seemester, semester isi duuaaaaa (sarimi isi dua ; lol)  
Ga jauh beda sama semester satu, semester dua pun kita masih punya mata kuliah umum, kayak bahasa indonesia, Pengantar Ilmu Pendidikan sama Pend. Agama Islam. Kalo Pendidikan Konsumen sistem belajarnya sama kayak IKK (Ilmu Kesejahteraan Keluarga) dan kebetulan dosen yang ngajar juga sama, diskusi, tugas, presentasi, uts dan uas.

    Teknik Menjahit. Hmmm 4 sks, wajar! Soalnya tekmen, yap..biasa anak busana menyebutnya, itu berarti kita berhubungan dengan mesin jahit kan??? It’s first time megang mesin jait. Wauuuu...rasa nya itu.... baru juga belajar uji coba pake kertas udah aja selfie ama mesin jait nya hihi :’) maklum aja yaa, kita sekelas ada 27 orang dan semuanya berasal dari SMA ga ada yang dari SMK jadi wajaarrr aja yaa guys, norak dikit, dikit doang kok??!! :D   Tekmen ini kita belajar teknik menjahit dasar seperti belajar tusuk, kampuh, kelim, buat kantong, buat kerah-lengan ( tapi ini lupa ), kita juga belajar ngajait renda. Yaa..kita baru dasar belum buat-buat baju ataupun rok. Insyaalah di sesmester 3 kita dapet materi Mode Busana Wanita, nah ni baru kita belajar buat baju dan rok sehari-hari. Duuuuuhhh...udah ga sabar nih jadinya. 

pertama kali ngejait kertas di kelas

narsiis lagii eakk guys
     Etika Komunikasi.yaa...seperti nama mata kuliahnya etikom, biasa kami menyebutnya,kita di tuntut harus beretika baik, sopan,santun, rapih, yaa..kita setiap pelaharan etikom kita dilarang memakai celana dan menggunakan atasan kaos serta memakai sepatu kets, kita mesti memakai atasan kemeja, memakai rok, dan menggunakan wedges ataupun pantofel untuk wanita sedangkan pria memangkai kemeja, rompi ataupun jas, celana dasar dan sepatu pantofel. Dan sebelum memasuki kelas awalnya kita bermake-up seenggaknya memberi bedak dn sedikit polesan lipstick supaya terlihat lebih fresh..wajar, coz itu matkul di jam ke-3 sedangkan pagi 8 a.m  jam ke-1 sampe 11.45 a.m kita kuliah di gedung H ( gedung jurusan) –isoma- jam ke-2 di buiding 2 ( gedung khusus mku) jauhnya kayak dari timur ke barat alias ujung ke ujung -_- finally jam ke-3 baru deh kita kembali lagi ke gedung H buat pelajaran etikom. Wajar kan kalo kita ber make up, hihi :D
     Ohya readers, tau gak syarat kita buat ikut uas itu kita msti mejadi seorang presenter dalam program atau acara yang udah di tentuin, nah gw kedapetan presenter balap mobil. Toeng..toeng..toeng.. omg!! Gw gitu loh? Masak dapet balap mobil sih?? Awalnya tetep di coba, gw n cs survei tempat pancoran, jakarta barat, ternyata hmmm..tempat itu bukan tempat gw, gw ga nyama berada disana, oh fix gw mutusin buat genti tema, yaitu presenter olahraga renang. Akhirnya, selesai itu video dengan korban banyak waktu, tenaga, kesabaran ( karena ada aja masalah waktu ngedit videonya) sampe-sampe gw sakit gara-gara kecapean ditambah berenang pula. But, alhamdulillah now its finnish dan kesulitan itu semua tinggal cerita aja. Hahahahaha..hahahahaha...gw puaaassss

     Lanjut ke Menggambar mode. Aku suka banget sama matkul ini. Curhat dikit yaa, kan udah aku bilang kalo aku bisa gambar tapi pas-pasan hehe, jadi awalnya rada minder kalo di suruh gambar. Tapi di menggambar mode ini siapapun yang ga bisa gambar atau mau repair gambaan nya bisa kok, di sisni bener-bener kita di terangin gimana gambar model dengan proporsi tubuh yang ideal, mulai dari gambar balok, balok dengan daging, sampe ke daging nya aja. Bingung yaa maksudnya??? Hihi wajar kok. Kita di suruh buat banyak gambar dengan gaya yang berbeda dengan syarat tiga pokok diatas pada proporsi tubuh tampak depan, tampak miring 3/4 dan tampak samping dengan menggunakan pensil. Awalnya masih kaku tapi lama-lama tangan udah kebiasa walopun kaku itu masih ada seenggak nya kita kan berproses unutk menjadi lebih baik, hargai proses kita yaa kawan sekecil apapun itu anugrah dari allah. 

proporsi tubuh 

     Materi selanjutnya menggambar model yang telah menggunakan busana dengan tema busana kerja dan casual masing-masing 5 desain untuk ku warnai dengan pensil warna. Seru deh mewarnai desain kita sendiri dengan pensil warna dengan warna pilihan kita sendiri, tapi materi selanjutnya kita mesti mewarnai dengan cat air. What water colour?? Belum pernah sama sekali mewarnai model yang berbusana kuliah, pesta wedding dan pesta ultah masing-masing 5 desain lagi. Aduuhh....pertama-tama berat mana gambar nya kecil lagi terutama bagian detail dari busana yang di kenakan, gelap terang warnanya pun berpengaruh. Tapi mau ga mau ini tugas, jadi tetep di kerjain deh..eh..lama-lama ko jadi suka pake cat air dan hasilnya pun lebih terlihat nyata dari pada kita menggunakan pensil warna. wahh..makin suka deh. Ditambah pas UAS kita di suruh ngedesain busana rekreasi yang terdiri dari ibu, anak dan ayah ehmm.. aku memilih rekreasi ke mall, hehe. Ohya media nya bebas, boleh pensil warna atapun cat air. Dan aku memlih water colouuurrrr.. <3

ini dia water colour nyaaaa...

kalo yang ini mix pencil colour ama water colour

     Terakhir...jreng..jreng..jreng..dasar graha.hmmm..kadang sebel deh sama matkul ini, sebel karna dosen nya sih hehehe... Tapi materinya suka, tau ga guys apa aja yang kita pelajari di dasar graha ini? Menurut gue yaa pelajarannya kayak anak-anak gitu, ada bersih-bersih, maen aer, maen hidrogel atau biasa di kenal dengan mutiara, main bunga-bungaan, berbie-berbiean- kolam-kolaman, binatang-binatangan, seru kan yaaa??? Seru dongs, oke untuk lebih jelasnya,  materi pertama ialah House keeping, tau kan?? Disini, tugas kita ialah membersihkan laboratorium MSDK mulai dari halaman depan, teras, ruang tamu, ruang tidur, ruang makan, dapur, sampai kebagian belakang. Itu di lakukan sesuai dengan kelompok yang telah di bagi. Setiap kelompok dapet satu ruangan untuk di bersihkan sampai kincloooong :D
    Materi ke dua adalah taman, tentunya taman dan house keeping berbeda, jika taman kita mesti membersihkan bagian taman nya saja, apaaa?? Saja?? No!!! Rumput-rumput, ilalang semua tumbuh bebas seakan akan di setiap ada tanah kosong mereka selallu ingin menguasainya dan ingin tumbuh berkembang beranak pinak di tanah tersebut. Oleh karena itu, tugas kita untuk mencabut rumput sampai tuntas dan membersihkan di sekeliling taman.
     Materi ke tiga ialah mini garden. O my God, love this job, di dalam materi ini kita seakan di ajak kembali bernostalgia saat kita berumur 5 tahun, yap, tau kan mini garden?? Dengan kelompok yang sama seperti sebelumnya, mini garden juga di bagi menjadi beberapa tema, yakni tema mini garden ala puncak, ala pantai, ala gurun, ala kebun binatang, ala perkotaan, pedesaaan, ala pesta taman pun ada. Nah, kelompok gue kebagian mini garden ala pesta taman. Tau kan pesta taman gimana??? So sweeet, ada meja barbie, kursi barbie, payung-payungan barbie, kolam, batu-batu kecil, gemerlap kilauan oleh payet-payet emas dan barbienya pun ada duduk-duduk di sekitar taman sedang bercengkrama dnegan barbie yang lainnya. Wah... pokonya seru deh :D :D :D :D :D
tereeeeng....party garden theme

ini mini garden semua kelompok

     Materi ke empat ialah merangkai bunga, tentunya bunga asli dan masih segar dengan media oasis dan materi kelima ialah hidroponik, maksudnya tanaman yang di tanam selain menggunakan media tanah, seperti air, arang, serabut kelapa, hidrogel (mutiara). Nah gw cs nggunain media hidrogel, lucu deh...
maaf ya guys, yang hidrogel ga ada potonya jadi gue masukin yang merangkai bunga pake oasis aja yaa


The end..!!!!! cerita untuk semester satu dan dua udah dul, maaf kalo banyak kata-kata yang salah kata, mohon kritik dan saran yang membangun nyaaa sobat. Semoga bermanfaat!!!! sarangheo

70 komentar:

Unknown mengatakan...

Ka bagi kontak linenya dong.mau nanya nanya ni...

Unknown mengatakan...

Masuk tata busana harus bisa gambar ya?

Unknown mengatakan...

apaka dalam jumlah besar nya perempuan di sana ka
Kaos Muslim Dhikr Anak dan Keluarga

Unknown mengatakan...

Enggak harus, tapi lebih baik kalo kita bisa gambar supaya bisa menuangkan ide di dalam kertas :)

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Iya, mayoritas perempuan

Kreatifitasi mengatakan...

kak,mahasiswa putra jarang yahh

Unknown mengatakan...

Di UNJ ada yg strata 2 gak?

Unknown mengatakan...

Kak,, q blm begitu bsa gambar,, tapi pengen bgt masuk tata busana. Kira2 bisa gx y??
Tkut minder nie kak??

Unknown mengatakan...

Ka klo masuk tata busana wajib bisa ngejahit yaa?

Unknown mengatakan...

ka, klo jurusan tata busana disebut jurusan apa di UNJ ?

Unknown mengatakan...

untuk temen-temen yang belum bisa gambar ataupun ngejait jangan khawatir karena di unj kita bener-bener belajar dari awal, yang terpenting ada keinginan untuk masuk ke fashion design.
namanya pendidikan tata busana
ohya sekedar infromasi, karena unj merupakan IKIP, jadi selain ke praktek UNJ juga lebih fokus pada ilmu pendidikan. 40 % praktek dan 60% teori.

Unknown mengatakan...

biayanya mahal banget gak?/ kayanya seru prodi tata busana. tp aq bisa gak y..

Unknown mengatakan...

mahal gak biaya kuliah di tata busana??

Unknown mengatakan...

Untuk tesnya masuk ke prodi ips ya?

Unknown mengatakan...

di tahun 2013 4,15 jt per semster dan akan ada peningkatan di tiap tahunnya
.
iya masuk ke prodi IPS

Wenny Safira Arrasy mengatakan...

setelah lulus dari tata busana itu kita kemana? langsung jadi designer atau gmn? *thanks;)

Annisa Amalia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Annisa Amalia mengatakan...

Ka cara masuk k sana gimana ?

Unknown mengatakan...

Wwihh keren kak awesome jadi gak sabar pengen masuk prodi tabus ^_^

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
semutsemut mengatakan...

Assalamualikum kak Widya..Kak aku mau nanya dong, kalau lulusan dari pend.tata busana itu kebanyakan bekerja dibidang apa? Jadi guru tata busana / bisa jadi fashion designer?
Terus kak matkul pend.tata busana beda gak sih sama jurusan desain mode biasa kayak di univ lain? maaf ya kak banyak nanya, hehe makasih 😄😄

semutsemut mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Desa Paranglompoa mengatakan...

saya tertarik sama gambar K-ON nya.. #plakk...
kak, peralatan buat gambar desain itu memang cuma harus pakai water color ya?

Unknown mengatakan...

kak tata bisana jurusannya apaan? ipa atau ips dari sma?

Unknown mengatakan...

Mbak widya terimakasih penjelasan tentang kegiatan kuliahnya. Menarik. 😊
Gini mbak, ada yang mau saya tanyain. Ngehubungi mbak lewat apa ya??
Sbelumnya terimakasih ya mbak. 🙇

Unknown mengatakan...

Mbak widya terimakasih penjelasan tentang kegiatan kuliahnya. Menarik. 😊
Gini mbak, ada yang mau saya tanyain. Ngehubungi mbak lewat apa ya??
Sbelumnya terimakasih ya mbak. 🙇

Intan iif tihar rizki mengatakan...

kaka lulusan tata busana nanti gelarnya apa kak ?

lylovelylove mengatakan...

kak.. tata busana di unj itu hampir sama kaya fashion design gitu ga sih?

lylovelylove mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sutrisno Julyo Ada' mengatakan...

Kak, mau tanyak kalau laki2 bisa tidak kalau masuk Tata Boga, lg pusing nih mau ambil jurusan Tata Boga Atau Tata Busana. Oohhh ia mana yang lapanggan peketjaannya lebih luas ya, tata boga atau tata busana...???
Terimah kasih... Di Balas ya kak.

Hiskia mengatakan...

Thanks for sharing ya! Sukses dan lancar selalu kuliahnya kak^^

Hiskia mengatakan...

Thanks for sharing ya! Sukses dan lancar selalu kuliahnya kak^^

Unknown mengatakan...

Terimakasih sudah berbagi pengalamannya kak. Saya jadi semakin termotivasi untuk meraih cita'' saya. Sukse terus ya kak! Semangat!

Unknown mengatakan...

Menarik ka ceritanya, saya dari kelas 1 aliyah (pesantren) udah niat sekali ingin masuk pend tata busana,, nanti 2017 insyaallah saya masuk univrstas, saya ada bbrpa piliham sih. Saya mau nanya ka widya, buat di unj biaya tabus untuk thn 2017 kira kira brp yah? Oh iyah saya ingin bnyak sharing k ka widya lewat mana yahh?

Unknown mengatakan...

Terimakasih ka udah Sharing. Ternyata seru ya, walaupun agak ribet��

Semoga sukses ya ka

Unknown mengatakan...

Kak, mau tanya dong, nanti kalo udah lulus mau jadi apa? makasih^^

Unknown mengatakan...

Aku juga smk tata busana, dan temen ak juga ada yang cowo.. Info menarik nice.. Tapi klo ak lulus gk akn ngambil jurusan tatabusana berasa ngulang lagi wkwkwkwk

Unknown mengatakan...

Pake wa ga? Minta no nya boleh ya... please. Tq

Jovin Christopher mengatakan...

gw juga cowo busana bro , tapi gw di SMK 27 JKT. jangan pernah takut punya temen cewe smua, jgn dengerin ape kata org, yg sujses kan kita. walaupun gw juga bingung sih kedepan nya mau mulai dari mana, tapi yakin aja yg terjadi hari ini memang udh jalannya hahaha. jdi cerita kan :v

Jovin Christopher mengatakan...

gw juga cowo busana bro , tapi gw di SMK 27 JKT. jangan pernah takut punya temen cewe smua, jgn dengerin ape kata org, yg sujses kan kita. walaupun gw juga bingung sih kedepan nya mau mulai dari mana, tapi yakin aja yg terjadi hari ini memang udh jalannya hahaha. jdi cerita kan :v

Unknown mengatakan...

Kak bisa mintak kontaknya? Soalnya banyak yang mau ditanya ini hehe

rain mengatakan...

kak bagi kontak line ato apa gtu,mau sharing boelhkan

Mega Gloria mengatakan...

Kak mau nanya dong, kalau boleh tau kakak masuk kuliahnya lewat jalur apa ya kak? SBMPTN Kah? Kalau iya berarti kakak test nya soshum dong? Trims~

Adela Natasya mengatakan...

Ka kalo di snmptn kan cuma ada pendidikan sedangkan aku ingin ngambil d3 nya ka,kalo boleh tau aku harus tetep ngambil yang pendidikan atau gimana ka? Makasih :)

Indah Fajriati mengatakan...

Ka minta id linenya mau nanya2

Unknown mengatakan...

Ka plis id line, id line kaka yg : aiemwidya itu udh gada kak

Alvie Nurdiana mengatakan...

Kak minta id linenya, mau nanya2 tentang jurusan tata busana di unj

Reggina Dwi Pratiwi mengatakan...

Ka minta idline/ bm/ wa/ ig juga nggapapa
Mau nanya2
Makasih😊

Unknown mengatakan...

kak,kalau mau tes masuknya gimana ya?
makasih :)

Unknown mengatakan...

Kak tata busana harus banget bisa jahit ya?

dwikiput mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
dwikiput mengatakan...

Kak aku dari jurusan mene lagi buat skripsi tentang fashion hijab. Kalo hijab sendiri masuknya ke busana pokok atau busana pelengkap kak? Makasih ya kak sebelumnya

Unknown mengatakan...

Hallo kak,
Maaf boleh minta kontak line? Untuk menanyakan tentang univ UNJ-Tata Busana 🙏
Trimakasih

elmira bella mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
elmira bella mengatakan...

Assalamualaikum kak..
Permisi, mohon maaf boleh tau kontak Whatsapp nya ndak? Mau sharing-sharing dan tanya tanya nih.. tentang tabus.. :D soalnya saya masih anak sma yang masih bimbang tentang kuliah dan kepo tentang tabus :D
Mohon bantuannya kak.. trimakasih

isna hayu mengatakan...

Tata busana itu masuknya saintek apa soshum yha kak? Bisa SNMPTN atau cuma SBMPTN dan soshum?

Unknown mengatakan...

Soshum kak:)

Unknown mengatakan...

Kak kalo kk tau klo jurusan pendidikan tata busana dapet materi tata busana fashion desainer juga ga kak?

Unknown mengatakan...

Ka, di unj itu masuknya ke fakultas teknik jurusan tatabusana y ka? Trus kk pas masuk tatabusana bnr² g ada basic jahit atau emg g kepikiran apa gmn ka? Insya allah pengen lanjut kesini lwt lintas jurusan juga kaya kk😭😂

Unknown mengatakan...

Ka, di unj itu masuknya ke fakultas teknik jurusan tatabusana y ka? Trus kk pas masuk tatabusana bnr² g ada basic jahit atau emg g kepikiran apa gmn ka? Insya allah pengen lanjut kesini lwt lintas jurusan juga kaya kk😭😂

Devine Paramitha mengatakan...

Kaa. Aku ga ada basic jahit sama sekali. Belum pernah jahit sama sekali, tapi kalau gambar sering. Dulu suka banget gambar" baju. Cuman ya ga bagus banget. Dan lagi, kurangku di warna kak. meski gitu, apa aku masih bisa masuk kuliah jurusan tata busana kak?

Salsabila rofila mengatakan...

Bisa gak kalo anak ipa masuk jurusan soshum kyk tata busana gitu?? Trs ujiannya apa?

Cindy_.f mengatakan...

Kak kalau mau masuk kuliah di jurusan tata busana, buat tes nya harus ngambil soshum kak? Nga boleh saintek kak?

Cindy_.f mengatakan...

Kak kalau mau masuk kuliah di jurusan tata busana, buat tes nya harus ngambil soshum kak? Nga boleh saintek kak?

media mengatakan...

wah, anak fashion design juga yak :D
sekarang makin banyak yang berminat kerja di fashion design

https://highlight.id/lembaga-institut-kampus-kursus-sekolah-pendidikan-fashion-design-indonesia-pilihan-favorit-terbaik/

Unknown mengatakan...

kak kan ak ipa nih, nanti pas tes utbk untuk masuk jurusan tata busana unj harus saintek ato soshum? soalnya ak tes saintek kayaknya kak, jadi kalo aku tes saintek dan pilih jurusan tata busana unj, kira kira bakal keterima gak ya kak?

Unknown mengatakan...

Kak,boleh minta line atau ig nya ga? Aku mau tanya-tanya tentang jurusan ini jugaaa plisss

Unknown mengatakan...

Mau juga dong kak... Aku punya dua pilihan. Mau nanya² biar ga nyesel atau salah pilih

Unknown mengatakan...

Kak aku diri jurusan ipa gimana caranya biar bisa masuk tatahusana kak?

Posting Komentar